Kamis, 15 Agustus 2013

PANEN RAYA PROGRAM SRI GAPOKTAN TANIMULYA

Pemotongan padi secara simbolis oleh jajaran Dinas Pertanian Kebumen
Rabu 14 – Agustus – 2013 bertempat di lahan pertanian Blok Karanganyar Desa Jatimulyo, Gapoktan Tanimulya mengadakan kegiatan Panen Raya Program Pengembangan SRI, acara yang dihadiri Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Kebumen Ir. Winoto mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen juga dihadiri oleh Camat Alian, Prawoto S.Sos dan Kepala UPT Pertanian Wil. Kutowinangun, Suyati S.Pkp serta  jajaran dari BPP Kec. Alian.
Acara Panen Raya tersebut merupakan puncak dari pelaksanaan Pengembangan Program S.R.I ( System of Rice Intensivication ) yang diterima Gapoktan Tanimulya pertengahan tahun 2013. Program S.R.I yang dilaksankan Gapoktan Tanimulya merupakan program Bansos yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produk pertanian khususnya padi sawah dengan pola pengolahan yang mengedepankan penggunaan produk-produk organik dan potensi kearifan lokal yang ada di masyarakat.
Acara secara simbolis dibuka dengan pemotongan tanaman padi pada lahan yang akan menjadi sampling pada kegiatan tersebut, dan dari tiga titik lahan yang ditentukan secara acak hasil sampling tersebut  kemudian ditimbang untuk bisa mengevaluasi progres Program SRI yang telah dilaksanakan.

Secara umum, hasil evaluasi kegiatan yang disampaikan oleh Bp. Mujiyono S.Pkp dari Dinas Pertanian Kab. Kebumen, mempelihatkan bahwa pelaksanaan Program SRI Gapoktan Tanimulya berjalan secara baik, hal ini terlihat dari hasil sampling yang masih bisa dikatakan baik walaupun dalam pelaksanaan program terkendala pada OPT khususnya tikus yang menjadi masalah paling parah pada musim tanam ini. Penerapan tekhnologi pada pola tanam dan jarak tanam juga sudah berjalan, serta sistem penyemaian pada lahan kering serta tanam bibit muda pun sudah mulai diterapkan.
Suasana pertemuan kelompok tani di lahan pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar